Aceh Culinary Festival 2019, Tahun ini Tampil Beda



Di sini kamu bisa menikmati kuliner se-Aceh hanya dengan singgah di satu tempat! Mau?

Assalamu’alaikum teman-teman pecinta dan pemburu kuliner nusantara, datang dan cobain, nih, ada 1000 jenis makanan dan minuman Aceh di Aceh Culinary Festival (ACF) tahun 2019. Wow!

Festival yang dibuka pada Jumat malam ini akan berlangsung selama 3 hari, yakni 5-7 Juli 2019 di Taman Sulthanah Shafiatuddin (Anjungan PKA Banda Aceh). Festival kuliner  bertaraf internasional ini adalah bagian dari Calender of Event Kementerian Pariwisata (Kemenpar) yang diselenggarakan oleh Pemerintah Aceh melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh.

Aceh Culinary Festival (ACF) tahun 2019 dengan mengusung tema “The Authentic Food Experience” bakal mengajak kamu para pecandu kuliner menikmati makanan khas Aceh hingga Asia. Menurut saya, selama mengikuti festival kuliner di Aceh, baru kali ini yang bikin saya betah lama-lama.


Mengusung konsep “Authentic” ini, pihak penyelenggara sukses mengajak koki-koki handal untuk memamerkan kuliner khas Aceh di masing-masing stan mereka. Sejumlah stan juga dimeriahkan oleh pelaku usaha kuliner terbaik di Aceh.

Sepertinya kali ini Disbudpar lebih siap menggandeng EO (Event Organizer) yang tepat dibandingkan ACF tahun-tahun sebelumnya, atau bisa jadi EO yang sama, hehe. Tapi untuk tahun ini lebih kece dibandingkan sebelumnya. Lokasinya luas, bahkan anjungan PKA telah disulap menjadi rumah makan. Ini keren sekali.



Di depan panggung utama, pihak penyelenggaran juga menyediakan lesehan dari rumput statis. So.. setelah kamu membeli kuliner dari stan, kamu juga bebas memilih duduk di lesehan atau kursi yang telah disediakan oleh pihak penyelenggara.


Setiap harinya juga ada antraksi kuliner yang dimeriahkan oleh Ahli kuliner mulai dari Chef, Researcher, Food Writer, Food Vlogger, Blogger, Food Photographer, Gastronomist, Food Stylist hingga Mixologist berskala lokal, nasional dan internasional yang akan mengisi acara tersebut.

Culinary Camp
Yuhuu… ada kelas menarik yang akan diisi dengan berbagai rangkaian kegiatan seperti Culinary Camp yang berisi 50 sesi demo masak, workshop dan diskusi mengenai kuliner. langsung di hadapan kamu!


Nih, ada 6 zona pameran kuliner…
Zona Rumoh Makan Aceh, Aceh Food Market, Nusantara Food Market, The World Gourmet, Fusion Food, dan Food Innovation. “Udah siap nyicip semua menu di 6 zona ini?”




Tadi malam, saya bersama kedua teman sudah tour ke semua zona, mencicipi kuliner khas Aceh, nusantara, kuliner inovasi, sampai kuliner khas Korea. Asik banget! Tapi ada sedihnya,  karena bertepatan dengan jadwal saya perawatan gigi dan usai cabut gigi, hiks..


Teman, kuy, langsung ke sana. Oia, tour di malam hari lebih asyik, nih! Karena nggak panas. Usai makan jangan buang sampah sembarangan, ya! Penyelenggara sudah menyiapkan tong sampah di banyak tempat, kok.

Selamat menikmati rakan pecandu kuliner.


Tanggal: 5-7 Juli 2019
Tempat: Taman Sulthanah Shafiatuddin, Banda Aceh
Harga tiket masuk: GRATIS!

8 komentar:

  1. Asyik banget soal kuliner di Aceh yang punya ciri khas tersendiri dan nggak hanya kopi saja.

    BalasHapus
    Balasan
    1. banget bg, beda daerah beda rasa, beda nama, beda-beda lah pokoknya bg..

      Hapus
  2. Itu benaran bisa mnecicipi banyak makanan khas ya mba, aku kenalnya selama ini mie aceh, sama itu makanan yang dibungkus pake daun pisang panjang2, suka disajikan teman aku pas ngopih gayo, keren deh acaranya, moga ada tidap tahun ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mba, khusus yg makanan Aceh boleh di icip2,
      oo.. timphan ya mba? hehe..
      iya mba, Aamiin

      Hapus
  3. Wah seru ya kayaknya. Aceh merupakan kota di Sumatra yang belum saya kunjungi. Mudah-mudahan dipanjangkan usia untuk ke sana suatu hari nanti. Sementara ini menikmati Mie Aceh dulu yang ada di depan kantor ^_^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin. semoga Allah mudahkan untuk melihat keindahan alam dan wisata Aceh ya mas..
      waah.. asik tu makan Mie Aceh terus

      Hapus
  4. Pengin main ke Aceh, tapi tiket mahal sangat hiks

    BalasHapus
  5. Siap bgt mah kalau berkunjung ke Aceh Culinary Festival 2019 ini. Siap kenyang dan foto2. Hehe. Konsepnya keren ini, mungkin bisa dicontoh kota lain juga.

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.