Menghabiskan Me Time Dengan Hidup Sehat ala Car Free Day


Akhir pekan adalah waktu yang paling dinanti untuk membersamai cinta bersama orang-orang tersayang. Seperti kata Dosen saya dulu saat kami meminta jadwal kuliah tambahan di hari minggu, “Bapak tidak mau diganggu di hari Minggu, karena cuma di hari Minggu Bapak bisa memperkuat kembali hari kasih-sayang.”

Yah, sebenarnya siapa saja juga akan berkata hal yang sama, mereka juga butuh “Me Time” tanpa diganggu dengan pekerjaan atau kesibukan duniawi lainnya. Enam hari mengejar dunia, satu hari mengejar ketentraman jiwa yang akan mengantarkan kita untuk bersyukur atas kenikmatan yang telah didapatkan hingga saat ini.

Rasa syukur itu bisa diukir dengan apa saja, misalnya liburan atau tafakur alam, menikmati hobi, berkumpul bersama keluarga, atau pun berolah raga. Dengan begini, kita akan lebih menikmati hidup dari pada menghabiskan waktu tujuh hari hanya untuk mengejar dunia tanpa suatu kenikmatan dan ketentraman jiwa raga.

Nah, mumpung saya tinggal dirantauan seorang diri tanpa keluarga inti, tentu setiap akhir pekan tiba saya suka menghabiskannya dengan traveling, berolahraga, menulis atau ngopi bareng teman-teman komunitas.

Ngomongin soal olahraga, nih! Saya biasanya suka sekali jongging di lapangan Unsyiah, saya menyebutnya lapangan Love karena bentuknya yang seperti Love. Lapangan ini berada tepat di belakang Gelanggang UKM Universitas Syiah Kuala. Sebenarnya ada banyak pilihan tempat jogging di Banda Aceh ini. Hanya saja lapangan Love ini selalu menjadi tempat jogging kala ingin berolahraga sendiri.

Selain itu, menurut saya hanya lapangan Unsyiah adalah lapangan yang sebenar-benarnya untuk olahraga tanpa ada gerobak orang jualan, hehe.. lebih bermanfaatkan, kan, olahraganya tanpa melirik-lirik makanan. Jadinya, saya selalu nyaman berolahraga di sini.

Ada yang Lagi Hits di Kota Ini!...
Sejak pertama kali dilaunching oleh Wali Kota, Bapak H. Aminullah Usman SE., Ak. MM pada 11 Februari 2018, Banda Aceh sudah ada Car Free Day (CFD), nih! Setiap hari Minggu, ribuan warga Banda Aceh mulai memadati jalan Daud Beureuh mulai dari Simpang Jambo Tape hingga Simpang Lima Kota Banda Aceh.

CFD ini dimulai dari pukul 06.30 s.d 11.00 Wib. Semakin hari peminat CFD makin ramai, euy! Bahkan para penikmat olahraga tidak segan-segan memborong keluarganya untuk demam berolahraga, anak istri, bahkan sampai peliharaan kesayangan mereka.

Source: steemit.com

Jalan yang bebas dari asap kendaraan ini juga menghadirkan beragam atraksi kebudayaan. Usai senam sehat, kamu bisa menikmati langsung atraksi ini yang disponsori oleh beragam komunitas bahkan instansi terkait yang ada di Aceh.

Mulai dari pertunjukan seni khas Aceh, musik atau pertunjukan budaya, Donor darah, atraksi bela diri, perlombaan anak-anak, edukasi, sosialisasi, bahkan untuk promosi sekali pun, lengkap ada di sini. Ops, ada satu lagi, yaitu jajanan kuliner yang lebih sehat dengan harga terjangkau pun juga ikut memeriahkan CFD di Kota Banda Aceh.

Selama ada CFD, saya sudah berapa kali menyempatkan diri ke sini. Kalau ke CFD nggak pernah sendiri, selalu bareng teman atau usai CFD dimanfaatkan untuk rapat komunitas. Dengan begini, jiwa kesepian saya tidak lagi meronta-ronta.

Car Free Day di Solo, saat sedang berlibur ke sana. Nih, Keponakan yang nggak bisa berdiam diri di rumah.

Kehadiran CFD di tengah kesibukan warga Kota Banda Aceh semakin menyadarkan kami untuk peduli akan kesehatan. Olahraga tidak hanya untuk kesehatan jasmani saja, lho. Menurut saya peran penting dari rutin olahraga adalah kesehatan rohani. Jiwa atau rohani yang sehat akan mengantarkan kita ke pola hidup yang sehat pula. Stres dan emosional  Insha Allah bisa dikendalikan.

Menurut Daniel M. Landers, profesor ilmu kesehatan fisik dan olahraga dari Univeritas Arizona, manfaat olahraga yang bisa didapatkan tubuh tidak hanya terkait dengan kondisi fisik, menurutnya manfaat olahraga yang bisa dirasakan adalah membuat pikiran lebih jernih dan mengurangi ketegangan.

Jadi, nggak ada alasan lagi, kan, akhir pekan dihabiskan untuk bangun pagi telat atau malas-malasan. Yuk, hidup sehat.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.