Cara Merawat Laptop agar Tahan Lama


Mempunyai laptop milik sendiri telah menjadi impian saya sejak awal pertama menempuh pendidikan di Perguruan Tinggi. Satu tahun pertama studi, saya terpaksa harus meminjam laptop Abang acapkali ada tugas.
Tahun 2011 tidak semudah sekarang dalam hal memiliki laptop pribadi. Ditambah lagi dengan keuangan keluarga yang tidak memungkinkan saya untuk merengek sesuka hati. Alhasil, memiliki laptop pribadi adalah satu diantara 100 mimpi saya saat itu.
Satu tahun berikutnya, saya mulai mengumpulkan sedikit uang dan cukup untuk membeli satu laptop mini atau notebook yang kuperoleh hanya dengan harga 2 jutaan. Hampir 5 tahun pemakaian, akhirnya laptop termakan waktu dan kian usang. Kerusakan mulai muncul seperti keyboard error dan blank screen.
Kembali mengorek rupiah hingga kering tabungan. Alhamdulillah cukup untuk memiliki satu buah laptop baru dengan ukuran 14 inci. Tentu ada beberapa pertimbangan yang saya perhitungkan hingga jatuh hati ke laptop Asus X453M. Baik dari segi harga, fitur yang ditawarkan, ketahanan, warna, model design, hingga keberadaan servis center di Kota Banda Aceh. pertimbangan ini harus dipertimbangkan agar tidak menyesal di kemudian hari.
Saya mulai mendengar ulasan dari youtuber, membaca artikel-artikel seputar laptop, membandingkan harga, kualitas serta kemudahan memperbaiki apabila suatu saat terjadi kerusakan.
Uang yang tidak seberapa dan di saat itu pula saya sangat membutuhkan laptop untuk menyelesaikan tugas akhir (skripsi), hingga akhirnya memutuskan untuk membeli laptop Asus X453M dengan harga terjangkau.
Hingga saat ini, pemakaian yang tergolong cukup nyaman. Namun. Ada satu kebiasaan buruk yang sering saya lakukan, yaitu sering membiarkannya hidup sampai berhari-hari lamanya. Dan kebiasaan ini terus saya ulang hingga beberapa angka keyboard mulai tidak bisa digunakan, dengan terpaksa harus menggunakan bantuan keyboard external.
Inilah salah satu kerusakan fatal yang sering dilakukan oleh pengguna elektronik seperti laptop. Oleh sebab itu, barang elektronik sekali pun juga butuh perawatan, harus dijaga karena semahal apapun produk elektronik kalau tidak dijaga akan rusak juga.
Berikut ada beberapa tips dari saya agar laptop kamu lebih tahan lama, diantaranya:
1.   Menjaga suhu laptop. Untuk  pemakaian yang terlalu lama, misalnya digunakan untuk nonton atau main game, baiknya gunakan Cooling pad/pendingin laptop. Gara-gara kepanasan inilah yang akhirnya membuat keyboard laptop saya menjadi tidak bisa berfungsi lagi.
2.     Menjaga kebersihan laptop. Seperti kita tahu bahwa debu bisa masuk lewat rongga mana saja. Debu bisa dibilang sebagai musuh terbesar untuk laptop, jadi harus sering-sering dibersihkan. Minimal satu tahun sekali, nah ini pernah saya lakukan, ketika casingnya dibuka, duuhh... debunya pada numpuk. Dan ini juga yang membuat laptop menjadi lemot.
3.   Hati-hati penggunaan laptop saat kondisi listrik sedang tidak stabil. Hal ini dapat membuat daya laptop tidak lancar. Makanya ada orang-orang yang menggunakan stabilizer untuk menstabilkan kondisi listrik yang sering padam. Di tambah lagi di daerah saya, tidak hanya laptop yang rusak, alat rumah tangga pun bakal ikut rusak. Rice cooker saya telah korbannya.  
4.    Jangan gunakan laptop di atas alas kasur dan baiknya gunakan di permukaan datar. Hal ini dapat membuat kondisi suhu udara mengendap di dalam laptop akhirnya laptop semakin panas. Ditambah lagi jika lubang udara laptob letaknya di bagian bawah.
5.   Jangan menaruh alat berat di atas laptop. Manusia saja tidak kuat memikul beban jika sudah terlalu berat, apalagi ini yang hanya produk hasil tangan manusia.
6.  Jauhkan minuman atau cairan dari laptop. Hal ini untuk menghindari tumpah atau tersenggolnya minuman ke keyboard laptop. Handphone saja bisa padam kalau jatuh ke air. Minuman itu untuk diminum oleh pengguna laptop, bukan laptopnya.
7.    Hindari menggunakan laptop sampai baterai habis. Inilah kebiasaan buruk saja hingga saat ini. Dan saya acapkali kena marah. Kebiasaan buruk yang terus diulang akan sulit diubah jika tidak dipaksa untuk berubah. Noh, saya contohnya. Handphone saya sering jadi korbannya hingga sudah berkali-kali servis ulang, eror lagi, hingga akhirnya cuma jadi alat pajangan di kamar.
8.    Khusus bagi yang traveling bawa laptop. Kenyamanan barang elektronik satu ini harus benar-benar diperhatikan. Jangan asal sembarangan meletakannya di mana saja. Baiknya gunakan tas khusus laptob dengan lapisan busa, tujuannya agar sewaktu-waktu terjadi hentakan, laptopnya masih terlindungi. Hati saja bisa hancur jika sering dihentakkan. #BaperDotCom.

Oke, guys! Beberapa ulasan di atas adalah hasil dari pengalaman pribadi saya. Yang tidak baik tolong jangan di contoh, buang saja ke pulau mana saja kamu suka. Semoga bermanfaat.


Note:
Bagi teman-teman yang bersedia produknya direview, silahkan hubungi saya lewat pintu mana saja, maksudnya bisa via email, instagram, atau contact langsung ke nomor Whatshapp.

Terima Kasih atas kepercayaan Anda telah mengunjungi blog saya.

Astinaria.com

Phasellus facilisis convallis metus, ut imperdiet augue auctor nec. Duis at velit id augue lobortis porta. Sed varius, enim accumsan aliquam tincidunt, tortor urna vulputate quam, eget finibus urna est in augue.

2 komentar:

  1. Kalau travlling jarang bawa laptop... soalnya kadang susah buat nyempetin nulis.. walaupun kadang nulis juga sih

    BalasHapus
  2. Duh itu foto yang serba biru bikin nggak fokus. Malah aku pengen nanya, meja birunya beli di mana? ^^" Tapi bener sih, semua barang elektronik emang tergantung perawatannya. Bahkan bisa kubilang, merk laptop apa pun, kalau perawatan kita bagus dan disiplin, pasti awet-awet aja.

    BalasHapus