Dapatkan Bacaan Buku Gratis di Library Unsyiah



Kenyamaan sangat berpengaruh besar terhadap psikis seseorang dalam berkonsentrasi. Termasuk dalam bekerja, baik itu belajar menyelesaikan ragam soal, membaca buku, bahkan saat online sekali pun. Karena dengan konsentrasi yang baik akan mempercepat pekerjaan dengan hasil kepuasan diri.
Beberapa teman yang selalu menjadi pengunjung Perpustakaan Unsyiah, saya pun sering bertanya secara berulang-ulang. Dan mereka berpendapat bahwa perpustakaan lah salah satu tempat yang paling nyaman untuk dikunjungi saat ini. Kenapa begitu? Pastinya kalian juga tahu arti dan hasil perjuangan pihak perpustakaan untuk memberi segala kemudahan dan kenyamaan demi memuaskan mahasiswa untuk kemudahan mencari ilmu serta menambah wawasan.

Sumber: http://library.unsyiah.ac.id/wp-content/gallery/slideshow/mahasiswa-belajar.jpg


Hasil perjuangan pihak Perpustakaan Unsyiah kini telah dirasakan oleh pengunjung,  sarana dan prasana yang tersedia cukup lengkap, seluruh ruang dari lantai 1 hingga lantai 3 full AC, tempat duduk serba nyaman dengan warna semangat, juga fasilitas online seperti tersedianya kabel LAN yang mempermudah kita untuk memndapatkan jaringan internet lebih cepat; adanya RFID (Radio Frequency Identification) yaitu sistem peminjaman/pengembalian buku yang canggih tanpa antrian panjang; tersedia pula ruang seminar/workshop di semua lantai perpustakaan; ruang diskusi; Relax and Easy terletak di lantai 2 yang merupakan wadah untuk menampung kreatifitas mahasiswa Unsyiah, seperti tarian tradisional, musik, hingga penampilan sastra lainnya; Library Gift Shop; Corner budaya seperti korea dan India; Library Gift Shop; Salat tepat waktu, jangan kawatir, di sini juga tersedia Mushalla yang bersih; Anda penyuka olahraga tenis meja, di Perpustakaan Unsyiah tersedia tempatnya; bagi yang ingin menikmati cemilan sambil belajar, silahkan membelinya di kantin.

Review Perpustakaan Dahulu
Karena mahasiswa Unsyiah sekarang bukan lagi duduk-dengar-pulang, tetapi duduk-dengar-perpustakaan-sosial-pulang. Jika mengingat kembali ke perpustakaan dahulu yang hanya tersedia buku tersusun dalam rak, kursi yang terkadang jatuh busanya, panas, juga lambatnya loading internet, maka kita pantas bersyukur dan berterima kasih atas usaha keras kepada karyawan dan civitas Perpustakaan Unsyiah yang telah memberi kenyamanan terhadap pengunjung dengan seribu gebrakan perubahan. Dulu saat saya masih semester awal, perpustakaan Unsyiah adalah tempat yang terpaksa dikunjungi mahasiswa untuk membuat tugas atau laporan laboratorium yang mengharuskan adanya sumber berupa dasar teori dalam laporan. Kini perpustakaan Unsyiah telah menjadi tempat keharusan yang harus dikunjungi tanpa kedua hal sebelumnya.
Mahasiswa Unsyiah yang sedang menyelesaikan laporan laboratorium di Lantai 2 Perpustakaan Unsyiah

Dibalik gebrakan perubahan, tentunya terselip kondisi yang mengharuskan saya untuk memberi saran agar Perpustakaan Unsyiah bisa seperti dulu, dalam artian tujuannya kembali mengajak pengunjung untuk menikmati beragam buku yang tersedia di rak. Jadi, pengunjung tidak hanya menikmati kepuasan internet gratis saja, tetapi kepuasaan membaca buku gratis juga jangan dilupakan.
Bacaan Buku Gratis di atas rak yang jumlahnya sangat banyak

Banyak hal yang dapat ditawarkan kepada pengunjung agar membaca buku nantinya disuatu hari telah menjadi tujuan utama ketika berkunjung ke Perpustakaan Unsyiah. Seperti layaknya Perpustakaan di universitas ternama di luar negeri yang menawarkan beragam paket agar pengunjung selalu “berebut buku” untuk dibaca.
Benar, jika di internet sudah tersedia ragam pengetahuan bahkan ter-update tapi tidak mendetil, karena internet hanya menyediakan paparan secara umum, bahkan ilmu sains pun tidak lengkap. Tidak hanya buku ilmu sains, teknologi, sosial, kesehatan, dan lainnya. Saya juga berharap disuatu hari, Perpustakaan Unsyiah juga menyediakan berbagai jenis buku “Rak khusus bagi yang ingin sukses” yang bersifat motivasi, penggerak semangat, penggerak positive thingking, dan penggerak keimanan.


Trik Untuk Menarik Pembaca Buku
Berikut beberapa trik yang dapat membangkitkan kembali semangat membaca buku untuk para pengunjung Perpustakaan Unsyiah:
1.      Special Day to User, yang dikhususkan bagi pembaca buku. Jadi para pengunjung yang berhasil menamatkan satu buku akan mendapat voucher atau winner dari Perpustakaan Unsyiah.
2.    Coffe Break. Hadirnya hari khusus bagi pembaca buku yang menyediakan coffe break. Hal ini juga dapat mengangkat brand Aceh yang terkenal akan kualitas kopi hingga ke mancanegara, dan
3.  Memasang poster buku terbaru dengan kalimat ajakan, dan poster serta foto kalimat motivasi diantara meja belajar.

Mari membaca buku di Perpustakaan Unsyiah dengan kenikmatan fasilitas sarana dan prasarana pendukung


Tiga Trik di atas diharapkan mampu mengangkat kembali semangat pengunjung sebagai “Penikmat Buku” di Perpustakaan Unsyiah. Karena bangsa yang maju adalah bangsa yang melahirkan para pembaca buku dan penghasil karya-karya kreatif. Lewat buku, kita cerdas. Dan sarana-prasana sebagai pendukung penyemangat membaca buku. Ayo, kunjungi Perpustakaan Unsyiah agar cerdas, karena pustakawan telah memberi lebih, dan kita pun harus memberi lebih untuk kemajuan bangsa.

Sumber: https://3.bp.blogspot.com/-RCUbBbgwvnw/VuQe2SMX5pI/AAAAAAAAEGw/mMegnno2aMcNpjqO8ECKKuuEQ-SlhZQ-A/s1600/lomba-blogger-unsyiah.png



Referensi:
http://uilis.unsyiah.ac.id/ 
http://etd.unsyiah.ac.id/ 
http://library.unsyiah.ac.id/ 
http://jurnal.unsyiah.ac.id/ 



Astinaria.com

Phasellus facilisis convallis metus, ut imperdiet augue auctor nec. Duis at velit id augue lobortis porta. Sed varius, enim accumsan aliquam tincidunt, tortor urna vulputate quam, eget finibus urna est in augue.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar