Jika Ingin ke Air Terjun Suhom, Harus Punya Modal Nekat



Kamu suka travelling? Sama, saya juga. Satu tujuan untuk hobi yang satu ini adalah sensation.  Rasa keingintahuan dan penasaran yang tinggi akhirnya membawa saya untuk terjun ke tempat-tempat yang penuh sensasi. Sensation is amazing!!!
Pertualangan hari ini adalah air terjun suhom. Banyak tantangan yang kami hadapi selama perjalanan. Dimulai nekat dalam menerobos hujan deras, melewati gunung dengan kelokan dan ektremnya jurang, sepanjang jalan terlihat sepi. Hujan deras menyebabkan kabut asap semakin tinggi, pastinya jarak pandang pun terganggu.
Karena perjalanan pergi hujan deras, jadi saat pulang baru bisa mengambil foto. jalanan masih sangat licin.
 
Hujan deras mengakibatkan kabut asap lebih tebal
Kata “yakin” yang dilontarkan pun bagai angin lalu saat hati sudah tertanam rasa ingin tau yang tinggi. Saya dan Nawra, perempuan, tepatnya strong women yang hobinya trevelling. Penampilan kami begini, bukanlah faktor penghambat. Asalkan bisa menjaga diri dan mempertahankan marwah perempuan muslimah.
Strong Women yang anti mainstrem, meskipun beberapa kali ditakutkan  karena musim hujan dan dalam kondisi gunung seperti ini acapkali terjadi longsor. “Bismillah, semoga Allah lindungi kami,” doa ini adalah modal pertama kami.
Mungkin bagi kamu yang kampung halamannya arah Barat Selatan, hal ini sudah biasa. Nah, bagi saya ini sungguh amazing, dan ini kali kedua saya mengendarai motor menembus kelokan jalan gunung.

Prepare sebelum...
Persiapan merupakan faktor yang sangat penting sebelum melakukan perjalanan, terutama bagi kamu yang perempuan. Nih, beberapa prepare yang harus disiapkan, mental nekat juga keberanian, nah bagi yang ragu-ragu baiknya mundur saja karena akan bahaya diujung nanti. Jika kamu ingin mencoba wahana pertualangan yang ekstrem, ada baiknya jangan pergi berdua apalagi sendiri, bertiga atau berempat sudah cukup sih, manfaatnya jika tiba-tiba ban sepeda motor bocor, ada si teman yang bakal tolongin atau setidaknya tidak sendirian di hutan. Selanjutnya gunakan baju yang enak di badan dan sopan dipandang, tetap jaga aurat ya, ledis. Oia, satu lagi, pastikan kendaraan kamu sehat untuk dibawa berpertualang. Urusan terakhir serahkan kepada yang di atas (Allah SWT).

Letaknya dekat, kok!:
Air terjun suhom terletak di Desa Krueng Kala, Kecamatan Lhoong, Kabupaten Aceh Besar, Provinsi Aceh. Untuk mencapai ke air terjun ini diperlukan waktu sekitar satu hingga dua jam perjalanan. Rute perjalanan ke sana yaitu melalui jalan Banda Aceh-Calang (Aceh Jaya), yaitu melewati Pantai Lampuuk, Pantai Pulo Kapuk, Kecamatan Leupung, tepat di bawah kaki Gunung Kulu.
 
Jalan utama masuk ke Air Terjun Suhom, jika dari Banda Aceh, beloknya ke arah kiri.


Apa pesonanya?
Siapa pun itu jika ditanya apa tujuan kamu kesana, jawabannya pasti tidak akan jauh-jauh dari kata refresing, menikmati keindahan, sekedar kumpul bareng teman, karena kesepian atau pun bosan. Namun, sebenar-benarnya bukan inilah tujuan utama dari travelling, melainkan untuk belajar bersyukur dengan hasil akhir akan memperbaiki kembali kualitas iman. 
 
Gerbang air terjun suhom diapit oleh dua pohon tinggi

Tugu nama-nama penerima bantuan Rekonstruksi Rumah warga Lhoong
Benar, menikmati pesona alam akan menambah wawasan juga kesegaran jiwa. namun, coba balikkan rasa menikmati itu dengan mengejar keberkahan. Maka nikmatnya pun akan berlapis-lapis. Namun, dalam konsep dan kondisi bagaimana pun, semua kembali ke niat. Niat dan tujuan sebenar-benarnya dari travelling.

Ini Pesona Air Terjun Suhom...
Nilai eksostika dan kealamiannya masih sangat utuh terjaga. Air terjun suhom dikelilingi oleh panorama keindahan hutan, diantara tumbuhan lainnya, di tempat inilah pohon durian paling banyak tumbuh, jadi tidak heran jika berkunjung saat musim durian, sepanjang jalan dipenuhi oleh para penjual durian.
Pengunjung datang dari berbagai daerah, bahkan saya juga bertemu dengan satu orang teman dari Langsa
 
Di atas air terjun terdapat satu rumah kayu milik warga setempat
Tidak hanya itu, letak dan luas tanah di sekitar air terjun inilah yang mengundang para traveller terkadang untuk camping, menikmati dan mensyukuri pesona alam di malam hari berbalut rembulan, bintang, juga tanggkapan deringan suara hewan.
Kupu-kupu hinggap di baju si abang itu.

Ketinggian air terjun suhom kurang lebih 20 meter dengan balutan batu-batu besar yang akan menambah nilai eksostika tersendiri. Jika Anda butuh tempat untuk beristirahat sejenak sebelum bermain air,  tepat di sebelah kanan air terjun terdapat warung-warung kayu penjual kopi, mie instan, dan cemilan lainnya.

Kewajiban Setelah Berkunjung...
Sebenarnya karena tidak terbiasa, maka inilah yang menjadi beban para pengunjung saat ada peringatan “Jangan Buang Sampah Sembarangan.” Beginilah habit para pengunjung, ingin menikmati namun tidak menjaga. Sepanjang halaman ditemukan sampah organik yang berserakan. Saat inilah butuh kesadaran dari setiap pengunjung. Pihak pengelola alangkah baiknya mengusulkan kepada Dinas Kebudayaan dan Pariwisata untuk menyediakan tempat pembuangan sampah organik dan anorganik disetiap tempat wisata, namun jika tempat sampah belum tersedia, baiknya kita gunakan alternatif lain yaitu dengan menyimpan sampah masing-masing lalu membuang di tempat pembuangan sampah di tempat lain. Alam terjaga, kita nyaman. Bangun objek wisata Aceh Free Waste.
Lhoong selain terkenal dengan kebun durian, ternyata di sini juga dapat ditemukan berbagai jenis ikan asin, mulai dari ukuran kecil hingga besar.

 
Potret saat perjalanan pulang, aroma jalan ditambah pemandanga sepanjang jalan kian menambah senyum lebar.

Selamat berkunjung, dan peraturan dibuat bukan untuk dilanggar.



astina ria

Phasellus facilisis convallis metus, ut imperdiet augue auctor nec. Duis at velit id augue lobortis porta. Sed varius, enim accumsan aliquam tincidunt, tortor urna vulputate quam, eget finibus urna est in augue.

2 komentar:

  1. Asiikkk....
    Strong women is us
    :D

    Next, kita kemana kak Tyna???

    BalasHapus
  2. Krueng jantho, hawa kali dek nawra.. hiks..hiks..

    BalasHapus